Rabu, 06 Agustus 2008

Bubur Ayam Bunut Sukabumi

Salam kuliner

Pernahkah anda makan bubur ayam Sukabumi? Anda tentu banyak menemukannya di kota-kota selain Sukabumi. Bila anda berada di Jakarta, maka sering anda temui tukang bubur yang mengklaim sebagai bubur Sukabumi.

Namun, pernahkah anda makan bubur ayam di Sukabumi? Bila membayangkannya untuk menuju Sukabumi harus melewati kemacetan yang sangat parah terutama di jalur Jakarta menuju Sukabumi, maka anda tentu akan malas untuk menuju kota tersebut. Namun sesekali bila anda memang berniat ke kota Sukabumi, ataupun sedang melintasinya, maka jangan lupa untuk mencicipi Bubur ayam Bunut.


Bubur ayam Bunut ini terletak di Jalan Siliwangi, Sukabumi, yang letaknya tidak jauh dari Rumah Sakit Bunut (red:Rumah Sakit Umum Syamsudin). Sejak dahulu kala, gerobak yang menjual bubur ayam bunut di depan rumah sakit tersebut sangat digemari pelanggannya. Pada malam hari penjual bubur mangkal di depan rumah sakit, dan bila pagi hingga menjelang siang mangkalnya di Jalan Siliwangi dekat rumah sakit tersebut.

Dan kini, pemilik telah mengembangkan bisnis bubur tersebut dari kelas gerobak menjadi kelas Cafe yang cukup profesional. Dengan mengklaim dirinya sebagai Pusat Bubur Ayam, maka Bubur Ayam Bunut ini memberikan peningkatan pelayanan dan kenyamanan dengan tempat barunya di kawasan Jl. Siliwangi no. 93. Lokasi yang ditempati sekarang merupakan sebuah rumah hunian yang disulap menjadi tempat makan yang nyaman. Pengunjung dapat memilih untuk makan di bawah bangunan bilik, atau di bangunan modern. Pusat Bubur ini beroperasi sejak subuh hingga sekitar pukul 11 malam.


Bubur ayam Sukabumi sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bubur yang dijual di Jakarta. Rasanya yang gurih dengan dilengkapi suwiran ayam, bumbu kaldu, telur, ati ampela, cakwe, krupuk, dan bumbu-bumbu lainnya membuat kita happy dibuatnya. Namun yang harus anda coba adalah keroket atu risol yang sippp banget, mak kresssss kalo kita menggigitnya, karena sangat garing.

Bubur ayam ini memiliki porsi yang cukup padat dan pas untuk disantap. Namun bila anda belum kenyang juga, maka disediakan pula menu-menu lain yang bervariasi. Untuk seporsi Bubur ayam anda bisa membelinya mulai dari 8,000 rupiah tergantung isi tambahan yang anda pesan.



Karena dinginnya kota Sukabumi ini, maka makan bubur ayam ini enak ditemani dengan bandrek atau bajigur panas, atau hanya sekedar teh tawar panas yang membuat suasana menjadi hangat dan mak nyosssss.

Selamat mencoba

Wassalam

HP

3 komentar:

Robby Fahamsyah mengatakan...

Bubur Ayam Bunut Sukabumi yang asli terletak di jl. Siliwangi no.93..
tempatnya cozy,bersih n makanannya enak..
dijamin anda puas deh..
awas jgn salah,bubur bunut di sukabumi banyak soalnya...
cuma dsn anda akan merasakan enaknya makan bubur dengan suasana yang nyaman khas kota Sukabumi..

Robby Fahamsyah mengatakan...

Juat see this "http://www.sukabumionline.com/buburayambunut.htm"

Tour Kuliner mengatakan...

terima kasih atas tanggapan kelengkapannya...bubur ayam tersebut memang dari tempat Anda...