Sabtu, 02 Agustus 2008

Roti Prata@ Singapore



Roti Prata

Salam kuliner

Apakah anda pernah makan martabak? tentu sebagian besar dari anda yang berdomisili di Indonesia pernah menikmatinya. Pada bulan Juni 2008, team berwisatakuliner menyempatkan diri berwisata ke negeri Singapura. 

Di salah satu bagian perjalanan kami ke China Town, kami menemukan menu bernama "Roti Prata" yang sekilas seperti martabak kubang yang dijual di Indonesia.

Roti Prata ini memang bahan-bahannya tak jauh dari martabak telur, tetapi yang membedakan adalah ketika kita gigit, rasanya yang garing dan crunchy, serta kuah curry yang menjadi ciri khasnya. Selain itu aroma dari kambing dan rempah-rempah sangat menyengat. 

Di China Town Singapura, makanan ini dijual seharga SGD 3 hingga SGD 5 tergantung dari isi tambahan yang bisa kita pilih, seperti daging, sayuran, dll.

Usut punya usut, makanan ini memang bukanlah makanan asli Singapura, melainkan dari India. Tak mengherankan, bila pemburunya kebanyakan adalah orang-orang turunan India. Dengan roti prata ini akan mudah ditemukan di tempat-tempat lain di Singapura yang dihuni banyak masyarakat India.

Bagi anda yang tidak doyan curry, maka rasa dari makanan ini akan terasa aneh dan asing. Bila anda sempat ingin mencobanya, maka cobalah roti prata ini tanpa dicampur dengan Curry-nya terlebih dahulu. 

Teman saya yang tidak doyan dengan curry, ketika mencobanya nyeletuk, "yakk, makanan apaan sih niii...kok ada orang yang suka makanan ginian". Kami juga tidak mengerti, mengapa ada makanan seperti ini. Inilah yang dinamakan lain lidah, lain seleranya.

Wassalam

Tidak ada komentar: