Minggu, 03 Agustus 2008

Mee Rebus dan Laksa Singapore

Salam kuliner

Halo apa kabar? Mudah-mudahan Anda selalu dalam keadaan baik.

Untuk Anda yang berselera Melayu, maka lidah Melayu akan sangat dimanjakan bila anda sedang berada di Singapura, karena di sana banyak sekali makanan yang masih nyerempet-nyerempet dengan selera Melayu. Tapi bagi sebagian orang Indonesia, hmmmm mungkin rasa masakan Melayu di Singapura kadang-kadang terasa aneh.

Kali ini kita jalan-jalan di daerah Bugis Street untuk menikmati makanan sepanjang jalan tersebut. Sambil menikmati makanan, di sana kita dapat menikmati suasana udara malam yang meriah di pinggir jalan sambil ngobrol ngalor-ngidul dengan orang yang tersayang. Di Bugis Street ini beraneka ragam makanan dapat kita pilih mulai dari Sea Food, Bebek, makanan Non-halal, hingga Mee Rebus (red: Mie Rebus) dan Laksa Singapore berikut ini.


Mee Rebus

Mee Rebus alias Mie Rebus ini adalah pilihan yang cukup pas untuk pecinta masakan agak manis. Sepintas mie rebus ini tidak jauh berbeda dari 'Mi Tektek' yang dijual abang-abang Mie keliling yang biasa melewati komplek-komplek perumahan di Indonesia.

Seperti halnya di Indonesia, Mee Rebus ini adalah makanan yang cukup murah meriah, yaitu hanya dengan sekitar SGD 3' atau Rp 20.000 perporsi. 

Bagi anda yang harus makan 'banyak' atau kelaparan berat, porsi yang disediakan mungkin dirasakan kurang 'nendang'. Jadi anda masih punya space di perut untuk mencoba makanan lainnya setelah menikmati Mee rebus ini.

Di Singapura, Mee rebus ini dibuat dari Mie kuning yang ukuran diameternya cukup gendut, dimasak dengan cara direbus dengan tauge, tahu, bakso dengan diberi pula potongan seledri serta bumbu pilihan, kemudian dilengkapi pula dengan telur rebus. Rasa manis merupakan dominasi kecap manis, dan yang menjadi ciri khas mee rebus ini adalah kuahnya sangat kental seperti kuah untuk Kwetiaw Siram. Sluuuurp enak banget!



Laksa Singapore

Laksa Singapore ini tidak jauh berbeda dengan Laksa Singapore yang dijual di Indonesia maupun Malaysia. Bila kita tilik, maka Laksa Singapore dan Mee Rebus memiliki ingredients yang sama. Bahan utama untuk keduanya terdiri dari mie kuning, dan telur

Hanya saja, bumbu dan aroma kuah Laksa Singapore adalah Sea Food yang berminyak dan kaya akan rempah. Selain dilengkapi telur, Laksa ini juga diperkaya dengan udang yang menimbulkan aroma menggiurkan bagi para penggila udang. 

Hmmmmm pokoknya sippp banget deh bila ditemani dengan segelas teh tarik dingin. Untuk urusan bill, kita perlu mengeluarkan sekitar SGD 3.5 untuk Laksa Singapore dan sekitar SGD 1 untuk segelas teh tarik. Cukup murah meriah bukan? 

Untuk urusan porsi mungkin sangat pas bagi para wanita, ataupun pas bagi pria yang sedang "tidak terlalu lapar".

Selamat mencoba
Wassalam

HP

2 komentar:

infogue mengatakan...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

Unknown mengatakan...

Fren ...

Sekarang nggak usah jauh2 ke Singapura untuk memuaskan lidah Melayu ..

Coba deh ke Kedai Hulubalang di Plaza Semanggi Lt. 3A .. Dijamin bakal ketagihan ...

Cek di FB: kedaihulubalang

Salam..