Minggu, 03 Agustus 2008

Makan Tofu dan Baso ala Singapore












Salam Kuliner

Melanjutkan perjalanan kuliner di Singapura memang tidak akan pernah habisnya. 

Kali ini kita melirik menu yang banyak sekali kita temukan hampir di seluruh food court yang ada di Singapura hingga restoran-restoran Steamboat pinggir jalan hingga yang ternama sekalipun seperti Coca Suki. Masakan "rebusan" ini memang sudah tak asing lagi, baik bagi orang Melayu, Asia, bahkan Eropa dan Amerika sekalipun.

Saya agak bingung untuk memberikan nama untuk makanan ini, untuk mudahnya sebut saja "Tofu dan Meat Ball" ala Singapore seperti yang team kuliner jajal di Wisma Atria, Orchard Road. 

Di setiap tempat, makanan tersebut ada dengan berbagai nama seperti Meat Ball Soup, Steamboat, Tofu Soup, shabu-shabu dan lain sebagainya. Namun kesemuanya itu memiliki kemiripan, yaitu terdiri dari sayuran (pakcoy, kangkung, ceicim, dsb.), baso (ikan, daging, udang, dll.), telur, udang, otak-otak, ohyong, jamur, mie (putih, kuning), bihun, soun dan lain sebagainya yang bisa dipilih. 

Setelah anda pilih isinya, maka akan direbus beberapa menit dan kemudian dilengkapi dengan kuah kaldu.

Kita dapat memilih sendiri isi sup sesuai dengan selera kita, tetapi bagi teman-teman yang muslim anda harus waspada karena banyak juga yang menjual baso babi. Maka carilah stand foodcourt yang memasang tanda halal dan atau tanyakan terlebih dahulu kepada penjualnya

Masing-masing peace biasanya dijual dengan harga sekitar SGD 0.6 , tetapi biasanya minimum order adalah sekitar SGD 4.2 (atau sekitar 7 pieces). Dengan porsi berisi 7 pieces ini, maka dijamin perut anda akan kenyang karena ukuran per piece-nya yang cukup besar. Bila anda yang memesan menu steamboat di restoran-restoran besar maka untuk menu komplit seperti ini anda bisa menghabiskan hingga SGD 20 per orang.

Sensasi pertama saat mencobanya, sluuuuuuuurp........ rasa bawang putih di dalam kuah kaldu sangat menggoda....mmhh. Kuahnya terasa sangat segar dan tidak terlalu berminyak. 

Bila anda menghendakinya, maka wijen dan sambal yang pedas akan menambah nikmatnya masakan ini. Ketika menggigit sayuran, wah benar-benar endang...bok! Waktu menggigit basonya, wowww...mak cruttt...begitu kita makan otak-otaknya......huuhhh mantabb.....

Bagi para Baso Lovers, ayo pilih baso dan teman-temannya yang anda suka, dan bumbui sesuai selera anda! Selamat mencoba.....

Wassalam
HP

1 komentar:

infogue mengatakan...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!