Jumat, 29 Agustus 2008

Sate Kambing Bangil


Salam Kuliner

Perjalanan kuliner di daerah Jawa Timur kita belum berakhir, kita masih mengubek-ubek makanan di daerah Kabupaten Pasuruan, tepatnya di Kota Bangil. Nama kota ini cukup unik, Kota ini tidak terlalu luas tetapi kita harus berhati-hati di daerah ini karena kejahatan sering terjadi di daerah ini seperti pencopetan, perampokan dan pencurian ranmor, hingga hewan ternak. Kita lihat sepanjang jalan di tengah kota Bangil, polisi magang berjaga-jaga di setiap 5 meter. Mereka turut mengamankan daerah tersebut dan melancarkan lalu lintas yang dipenuhi bus dan truk dari arah Surabaya ke arah Banyuwangi.

Setelah bingung mencari makan siang di daerah ini, kita mampir di kedai sate di sekitar Depot Lestari. Kota ini memang terkenal dengan gulai kambing dan sate kambingnya. Perjalanan terdahulu kita telah merasakan nikmatnya gulai kambing kacang ijo, kali ini kita mencoba sate kambingnya. Hmmm, yummie....

Satu porsi sate kambing Bangil ini dijual dengan harga sekitar Rp 12 ribu. Menurut penjualnya, karena harga BBM yang terus naik, maka per porsinya akan dinaikkan menjadi sekitar Rp 15 ribu. Harga tersebut relatif lebih murah dibandingkan harga sate kambing di Jakarta saat ini.
Waktu mencicipinya, terasa bahwa kambingnya adalah kambing muda yang empuk, dengan sambal kacang yang pas, ditambah potongan bawang dan cabe rawit yang mengundang selera....hmmm makan di Bangil, serasa berada di warung sate madura....bukan main!


Wassalam
HP

Tidak ada komentar: