Minggu, 07 Desember 2008

Mampir ke "Toko Oen" di Kota Malang

"Toko Oen" di Malang

















Hallo sahabat kuliner



Pada kesempatan ini team kuliner mampir di "Toko Oen" Malang untuk berwisata kuliner sambil menikmati suasana klasik. Toko Oen yang terletak di pusat kota Malang ini merupakan salah satu tempat makan eksotik klasik yang berdiri sejak jaman penjajahan Belanda pada tahun 1930. Selain terdapat di Malang, Toko Oen ini juga terdapat di kota Semarang yang sejak dulu memang dimiliki oleh pengusaha asal Belanda.

Sesampainya kita di depan Toko Oen, kita langsung disuguhkan pemandangan berupa bangunan antik era kolonial Belanda yang masih tertata sangat rapi, dan masih terjaga ke-aslian-nya. Toko Oen ini merupakan salah satu cagar budaya yang dilindungi oleh pemerintah RI.

Ketika kita akan melangkah masuk ke dalam, terpampang tulisan "selamat datang di kota Malang" dalam bahasa Belanda. Ini menguatkan bahwa tempat ini adalah peninggalan kompeni yang masih dipertahankan hingga kini.
Udara kota Malang yang "adem", semakin adem terasa ketika kita berada di dalam Toko Oen ini. Sambil duduk dan mengamati menu yang disediakan, serasa kita menjadi "meneer" yang hidup pada jaman penjajahan doeloe.
Yang disediakan di sini adalah masakan-masakan "londo" alias belanda yang sekarang ini sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Diantaranya adalah steak, roti isi yang bisa dipilih isinya sesuai selera, ice cream, serta berbagai minuman dari susu coklat, kopi, juice, maupun minuman lainnya yang sepertinya sih bukan berasal dari Belanda tuh.

Karena mampir pada waktu siang menjelang sore, maka es krim menjadi pilihan favorit kami. Walaupun udara terasa dingin di kota Malang, namun tidak mengecilkan keinginan untuk menikmati es krim di sini. Es krim yang disediakan di Toko ini sangat unik. Tidak seperti es krim biasa, es krim yang dijual di sini bukan hasil buatan mesin modern, melainkan home made dengan mesin jaman Belanda yang proses kerjanya seperti es puter. Namun, jangan ditanya rasanya! mak nyosss dinginnya. Rasa yang dipilih pun bisa bermacam-macam. Rasa standar yang disediakan yaitu coklat, vanila dan strawbery.
Ayo coba semua menunya kalo anda ke toko ini.

Wasalam
HP

Tidak ada komentar: