Sabtu, 18 Oktober 2008

Bubur Kajang Ijo Pak Tasmin - Semanggi

Seorang rekan kerja saya di kantor lama adalah wanita berumur 50-an namun keliatan seperti berumur dua puluh tahun lebih muda. Seusianya seharusnya menampakkan keriput dan berkerut. Ibu Dartinah namanya, nampaknya masih segar saja.

Saya tanyakan apa rahasianya. Jawabannya di luar dugaan saya, katanya selalu bergembira dan tiap pagi jangan lupa makan bubur kacang ijo.

Memang diantara rekan sekantor Bu Dartinah termasuk yang super disiplin dan selalu bergembira apapun yang terjadi. Kenangan akan tawanya yang lepas merupakan obat tersendiri pada saat menghadapi masa-masa sulit. Satu lagi pesan yang masih saya ingat sampai sekarang kalau dimungkinkan pagi hari makan bubur kacang hijau.

Awalnya saya tidak percaya akan rahasia itu. Namun setelah 10 tahun lebih disampaikan saya mulai bisa menganggukkan kepala atas pentingnya pesan itu.

Nah entah dari mana historisnya saya agak lupa, tetapi dari kantor saya di daerah semanggi akhirnya saya mendapatkan bubur kacang hijau yang rasanya pas buat lidah saya - dari coba sana coba sini - adalah bubur kacang ijo Pak Tasmin di daerah Semanggi. Kalau dari arah kota ke blok M sebelum semanggi, di dekat jembatan penyebrangan bus way BenHil (Bendungan Hilir) sebelah kiri. Seringkali buka di area parkiran dalam sedikit karena jika jualan di daerah trotoar akan kena usir tramtib. Dia buka sekitar pukul 7.00 sampai habis. Katanya sampai pukul 10.00 paling siang pun pukul 11.00 sudah habis. Dan tiap hari rata-rata habis.

Harganya tidak mahal dengan tambahan roti, plus ketan (alias kacang hijau campur) ritual makan kacang hijau sudah membuat hari kerja saya lebih cerah. Sampai saat ini saya tidak merasakan bosan atas rasa kacang hijau Kang Tasmin tersebut. Selain memberikan kesegaran, hitung-hitung mudah-mudahan bisa kulit awet muda seperti pesan Bu Dartinah. :)

Pesan untuk selalu bergembira tidak lupa juga kok Bu.

OO..ya ada 3 tambahan lagi dari saya pribadi yaitu, berusaha untuk selalu tersenyum tiap kesempatan untuk tiap orang. Dua lagi yaitu tidak lupa mengatakan terima kasih untuk sekecil apapun bantuan dari sesama dan tidak lupa mengatakan maaf apabila kita melakukan kesalahan sekecil apapun

Salam Tour Kuliner

IBP

Tidak ada komentar: