Sabtu, 18 Oktober 2008

Berburu Moci di Ujung Libur Lebaran

Libur Lebaran 2008 kali ini cukup panjang, ada yang 1 minggu ada yang 2 minggu. Untuk yang 1 minggu rata-rata adalah karyawan.

Team Tour Kuliner saat di ujung libur lebaran itu bermaksud menjemput adik di Sukabumi untuk diajak ke Jakarta sebelum kembali bersekolah. Adik ini yang sering dipanggil Jazzy bersekolah di kelas 2 sma yang berlokasi di muntilan. Sehubungan siswa-siswanya berasal dari seluruh Indonesia, sudah menjadi ritual pada waktu kembali bersekolah membawa oleh-oleh khas dari daerah liburannya.

Banyak orang sudah tahu oleh-oleh dari Sukabumi salah satunya adalah moci. Nah siang itu dengan yakinnya kita ingin dadakan akan beli oleh-oleh moci karena cukup banyak pembuat moci enak di sukabumi.

Sasaran pertama adalah moci di Gg Kaswari - Jl Bhayangkara. Kebetulan dekat dari rumah, saat itu sekitar jam 15.00 WIb, setelah sampai ternyata moci di Jalan Kaswari sudah habis. Banyak mobil-mobil yang datang ke tempat itu kecele karena harus memesan dan menunggu jam 20.00 -an jika ingin mendapatkan moci. Moci Gg Kaswari memang menjadi salah satu pilihan karena kita dapat membelinya dari pembuatnya langsung. Berdiri sejak 1983, cukup mudah mencarinya tanya saja Jalan Bhyangkara dan kemudian cari Moci Gg Kaswari. Untuk mencapainya mobil di parkir sekitar 100m dari pembuat moci. Meski dengan perjuangan moci yang diperoleh masih segar alias dibuat pada hari itu.

Kadung sudah ingin mendapatkan moci hari itu, kita menuju sasaran kedua yaitu Moci Jl Otista. Untuk mencapainya mudah, tanyakan saja Jl Otista berada, kemudaian tanya tempat pembuat moci. Moci di sini merupakan salah satu acuan pertama rekomendasi untuk beli moci. Mocinya masih segar juga baru dibuat hari itu. Lagi..lagi mocinya habis, mesti pesan dahulu dan itupun baru bisa diambil pukul 20.00-an. Memang banyak orang bermobil datang ke sini dan pesan moci cukup banyak ada yang 40-an ada yang 30-an bungkus. Meski ada yang beli 5 sampai 10 bungkus. Mereka ternyata pesan dulu beberapa jam sebelumnya. Hari itu permintaan memang sedang ramai-ramainya.

Kemudian, sasaran ketiga, adalah Moci Jl A Yani. Kalau tidak di tanyakan ke orang-orang kita tidak menyangka ternyata penjual moci tersebut cukup tersembunyi. Rasanya ini benar-benar sensasi cukup mengasyikan untuk team tour kuliner. Untuk mendapatkan moci saja perlu perjuangan. Mungkin waktunya tidak tepat ya... Libur lebaran cukup panjang dan hari ini di ujung liburan. Lagi-lagi moci lagi laris manis di ujung liburan ini. Perlu pesan dulu karena banyak yang cari oleh-oleh moci.

Sasaran terakhir adalah toko-toko makanan. Ternyata sesuai perkiraan juga toko-toko makanan sudah habis juga mocinya. Moci tidak bisa ditahan lama, jangka waktunya dalam 3 hari saja . Itupun mesti dalam keadaan terbuaka dan tidak panas.

Jadi jangankan toko, pembuat moci nya saja cukup repot memenuhi perminataan moci pada ujung liburan panjang tersebut.

Akhirnya memang kita dapatkan moci tapi dengan memesan dahulu di Jl Otista dan mengambilnya di malam hari. Jadi bagi Anda yang ingin berpetualang mencari oleh-oleh moci dari Sukabumi, untuk masa-masa libur yang padat, hitung-hitung waktu terlebih dahulu dengan cara memesan terlebih dahulu sebelumnya agar mendapatkan moci kesukaan sebagai oleh-oleh.

Kalau perlu begitu sampai di Sukabumi pesan dahulu oleh2 mocinya baru setelah selesai jalan-jalan di kota sukabumi moci itu langsung di bawa serta kembali ke kota asal.

Bagaimanapun juga, sayang jika sudah sampai Sukabumi tidak membawa oleh-oleh moci . Soal beli moci dari mana tidak jadi soal karena semuanya enak.

Salam Tour Kuliner

Tidak ada komentar: