Minggu, 11 April 2010

Kedai Kopi Sejak 1945 : Phoenam

Kopi adalah gaya hidup, baik di Italia, Vietnam bahkan di Indonesia. Minum kopi sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu. Salah satu Kedai Kopi yang masih bertahan sampai sekarang sejak 1945 adalah Kedai Kopi Phoenam. Letaknya di jalan Wahid Hasyim dekat dengan Sabang dan Jalan Jaksa.

Pada waktu itu kontributor Tour Kuliner berangkat kantor kepagian, sehubungan perut perlu diisi untuk mencegah kemungkinan keracunan otak jika tidak sarapan maka sampailah di Phoenam. Selain kopi ternyata di sini tersedia teh tarik, Roti bakar, bubur ayam dan bahkan sop singkong. Jika melihat menunya cukup banyak variasi atas minum dan makanannya. Memang di sini tempat untuk singgah baik di pagi, siang maupun di malam hari. Yang pasti pad pukul 8 pagi saat itu sudah buka.

Saya coba teh tarik dan roti bakarnya. Saya pilih roti dengan isi korned dan telur. Untuk makanan pagi lumayan juga. 
Ternyata benar Kedai Kopi ini sudah berusia cukup lama, terlihat dari foto hitam putih di dinding dan di menu tertulis "Kedai Kopi Phoenam Sejak Tahun 1945". Dengan demikian umurnya sama dengan Indonesia Merdeka.
Jadi kalau pas di Jakarta Pusat coba mampir di Phoenam untuk merasakan kedai kopi yang bertahan  dalam kurun yang lama. Wahh ...

Tidak ada komentar: