Minggu, 08 Februari 2009

Makanan Khas Bogor di Dewi Sri

Allo Rekan TourKuliner,

Kali ini kita ke daerah Bogor. Tentu Anda tahu di Bogor terkenal dengan Masakan Sunda dan Asinan Bogornya. Nah ada satu tempat yang pas di mana aura masakan Bogor jadi satu.

Adanya di Kantin Dewi Sri. Kantin Dewi Sri mudah mencarinya, terletak di Jalan Pajajaran Bogor, di sebelah kiri jalan dari arah Tajur ke arah Terminal Baranangsiang. Kantin tersebut 2 tingkat terletak di pertokoan yang menyediakan parkir yang mencukupi.

Saya baca dari satu tulisan, Dewi Sri adalah nama yang sangat dikenal orang Bogor, dipercaya sebagai putri Prabu Siliwangi, Raja Pajajaran yang ibukotanya di Bogor. Bahkan dalam mitologi Dewi Sri dianggap sebagai Dewi Padi. Makanya pas penamaan kantin ini yang bisa mewakili masakan sunda khas Bogor.

Pada saat saya makan di Kantin Dewi Sri, saya tertumbuk pada makanan kesukaan saya yaitu jengkol. Ternyata di sini tersedia masakan sunda dengan variasi lauk pauk dan sayurannya, diantaranya ayam goreng, empal, tahu, telor, jengkol, sambal dan tentunya lalapan. Pilihannya cukup banyak. Pada saat saya merasakan ayam dan jengkol nya wah memang sesuai selera saya. Saya berpikir untuk suatu waktu jika ke Bogor harus balik ke tempat ini mencobanya lagi.

Sudah menjadi rahasia umum kalau datang ke Bogor, salah satu oleh-olehnya adalah asinan. Untuk referensi asinan sering disebut Asinan Dewi Sri yang dekat Terminal Baranangsiang. Memang Kantin Dewi Sri awalnya terletak di Baranangsiang, tetapi saat ini tinggal asinan saja yang tersedia di dekat Terminal Baranangsiang. Kantin Dewi Sri telah berpindah ke jalan pajajaran ini.

Di Kantin Dewi ini tentunya tersedia asinan tersebut, baik itu asinan sayur dan buah.

Saya dan beberapa teman yang pernah merasakan asinan Dewi Sri menggambarkan asinan ini enak, bumbunya nampol banget!! Tidak ada duanya, apalagi buahnya tiap hari ganti. Rasanya enak, seger, pedes, dan maknyuzzzz.

Jadi jangan lupa kalau ke Bogor mampir ke Kantin Dewi Sri dan beli asinannya.

Salam

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Ketika membaca makanan khas Bogor Dewi Sri melalui internet, tentunya membuat rasa penasaran untuk mencoba masakan tersebut. Maklum karena kami asal dari Sulawesi sehingga belum menemukan lokasi tersebut, maklumlah kami belum lama di Bogor. Gimana ya bisa menemukannya? bisa tidak bagi-bagi semua resep masakan Dewi sri di internet. Terima kasih atas perhatiannya.